Akuntansi untuk UMKM : Mengapa Penting dan 4 Tips untuk Sukses
Akuntansi adalah fungsi penting dalam setiap bisnis, terutama penting bagi UMKM dan start-up. Mengelola catatan keuangan dengan baik membantu Anda mengelola uang Anda secara lebih efektif, yang sangat penting selama tahap awal bisnis Anda. Akuntansi yang tepat membantu Anda melacak apa yang berhasil (dan yang tidak) untuk bisnis Anda, membantu Anda mengidentifikasi dan menemukan peluang untuk berkembang. Tidak lupa, ini juga membuat proses penggajian dan pelaporan pajak perusahaan Anda lebih mudah.
Namun, menjalani pekerjaan administrasi adalah salah satu tantangan terbesar bagi UMKM. Akuntansi untuk bisnis kecil memakan waktu yang sangat banyak. Selain itu, kebanyakan bisnis kecil tidak memiliki anggaran atau sumber daya untuk memiliki tim pembukuan dan perpajakan sendiri. KAP EHS hadir sebagai solusi untuk para UMKM dengan memberikan Jasa Perpajakan dan Pembukuan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 2.500.000/bulan (namun dengan pertimbangan industri dan kompeksitas perusahaan).
Beberapa Tips untuk akuntansi bisnis kecil
- Menjaga Catatan Bisnis Terpisah
Bagian paling dasar dari akuntansi adalah melacak semua pengeluaran bisnis dengan ketat dan dengan tata cara yang terorganisir. Tidak peduli seberapa kecil bisnis Anda, Anda wajib untuk selalu menjaga keuangan bisnis dan pribadi terpisah.
- Rencanakan Pengeluaran Besar
Seperti yang disebutkan di atas, masalah arus kas seringkali menjadi penyebab kegagalan bisnis kecil. Oleh karena itu, harus selalu memantau dengan cermat pengeluaran besar. Beberapa di antaranya mungkin bersifat rutin (misalnya, biaya tenaga kerja, sewa kantor), sementara yang lain bersifat tiba-tiba. Peramalan keuangan yang akurat akan membantu bisnis Anda menghemat banyak uang. Jadi pastikan selalu merencanakan pengeluaran besar jauh sebelumnya.
- Jangan Lupakan Pajak (dan Hukum)
Pajak adalah kewajiban hukum, dan semua pemilik usaha kecil akan baik-baik saja jika mengenal aturan pajak. Anda juga harus mengetahui segala hukum dan peraturan terkait bisnis untuk menghindari denda yang tidak diinginkan. Bukan hanya biaya finansial yang mungkin signifikan, tetapi masalah dengan hukum juga dapat secara serius memengaruhi reputasi merek Anda.
- Selalu Perbarui Catatan Keuangan Anda Tips besar untuk menjaga catatan akuntansi Anda rapi adalah dengan secara teratur memperbarui laporan keuangan Anda.
Meskipun tampak membosankan, diri Anda di masa depan akan berterima kasih atas hal ini – catatan yang terorganisir dan akurat tentang transaksi keuangan bisnis Anda akan membuatnya jauh lebih mudah dan cepat bagi Anda untuk mencari catatan tertentu dan melakukan analisis strategis bisnis saat Anda membutuhkannya. Laporan keuangan yang diperbarui juga berarti bahwa Anda dapat mengakses gambaran kesehatan keuangan perusahaan kapan saja.
Hubungi Kami
Staff EHS yang terpercaya dengan kompetensi dalam pelayanan audit, perpajakan, akuntansi / pembukuan, dan lisensi bisnis sangat bersedia untuk mendengarkan dan membantu menyelesaikan permasalahan bisnis Anda. Kami siap untuk membawa Anda satu langkah lebih dekat menuju kesuksesan.
Jakarta (Kantor Pusat)
Soho Capital Lt 30 no 03
Jl. Letjen S. Parman kav. 28
RT 3/RW 5, Tanjung Duren Selatan
Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470
Hubungi kontak kami di bawah ini,
Whatsapp: 62 859-5379-5280
Alamat Email: kapehsindonesia@gmail.com
Website: www.ehs.co.id